Hari Buku Nasional di Kediri

Ajakan kak Anaz hari itu memang seperti pencerahan, oase di tengah padang pasir. Berlebihan? Ah tidak juga. Hari itu memang rasanya aku butuh berlibur, bosan dengan rutinitas harian, ingin kabur sejenak dari folder bernama ‘Skripsi’ di laptop. Karena itu aku langsung mengiyakan ajakan kak Anaz untuk mengikuti Hari Buku Nasional di Kepung, Kediri, Jawa Timur. […]

Harbuknas di Kediri

Emmm jadi begini, duh mulai dari mana ya? Pembukaanya gimana? Harus ngucapin salam dulu ga? Sambutan? Ah ga usah pake pembukaan lah ya, entar disangka lagi ngelahirin. #eemaap #abaikan >skip< Jadi temen-temen (alah, temen-temen. ya pokonya yang lagi baca tulisan gue ini lah) kemaren tanggal 15 – 18 Mei 2014 gue ke Kediri. Nah udah […]

Yuk, Mengikuti Harbuknas di Kediri

17 Mei adalah Hari Buku Nasional (Harbuknas) menurut beberapa sumber, Harbuknas diresmikan pada tahun 2002 oleh Mendiknas, Ahmad Malik Fajar. Sejak Harbuknas diresmikan, gaungnya tidak begitu terlihat. Ia tenggelam begitu saja, tidak banyak juga media yang mengekspos Harbuknas. Berbeda dengan pamor Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei, juga Hari Kebangkitan Nasional […]

Berbagi Buku di Hari Buku

Hallo, sahabat Hibah Buku di manapun berada. Wah, lama banget admin gak up-date di sini *lap keringet karena sudah banyak banget debu di sini. Eh, maksudnya ngelap rak buku yang udah banyak rayapnya Sebelumnya, kami mau ngucapin selamat hari buku sedunia. Nah, avatar kami di twitter juga dilingkarin tanda kayak gini Nah, kampanye di atas […]

BHSB Fase Kelima, Kalimantan Barat

21 oktober lalu, alhamdulilah buku-buku yang dikumpulkan pada fase keempat dengan tujuan Aceh sudah dikirim dan alhamdulilah sampai dengan selamat di negeri Serambi Mekah. Alhamdulilah… Tak lupa terimakasih tak terhingga untuk teman-teman yang sudah terlibat pada BHSB fase keempat, baik teman-teman volunteer, donatur, teman-teman di group BHSB yang tak bisa disebutkan satu persatu juga siapa saja yang […]

[Antologi BHSB] Kisahmu Untuk Hibah Buku

Yuli Lilihata, atau akrab disebut dengan panggilan Mama Yuli, adalah seorang wanita sederhana. Yah, beliau memang wanita sederhana tapi tidak dengan yang dilakukannya. Beliau adalah seorang guru di sebuah sekolah dasar terpencil di SD YPPK Manusela-Seram Utara. Mama Yuli bukanlah seorang PNS, tapi beliau mengabdi dengan segala kemampuannya. Dengan prinsip, “kalau bukan dirinya, siapa lagi” […]

Gerakan Sejuta Botol Sejuta Buku

Sebelum menulis tentang Gerakan Sejuta Botol Sejuta Buku, saya ingin mengucapkan selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia bagi para sahabat baik di dunia maya maupun nyata. SALAM LESTARI…! Oke, ini yang ingin saya tuliskan. Saya awali dengan penjelasan singkat mengenai  Blogger Hibah Sejuta Buku (atau bisa juga kita menyebutnya BHSB) dan gagasan yang diusung. Apa itu BHSB? […]

Senyum Tawa dan Tangis Untuk Manusela

“] TTM [Tribute To Manusela] Kemarin sore, ketika membuka facebook saya menemukan dua pesan  inbox. Satu dari Mbak Zuhanna, satu lagi dari Mas Hakim. Ah, kedua suami istri tersebut, dua orang yang tak pernah sekalipun kutemui. Kenalnya pun belum begitu lama. Pesan dari Mbak Zuhanna, pendek saja karena melanjutkan pesan-pesan sebelumnya sejak tengah hari. Lantas […]