Hari kesebelas bulan lima tahun 2012 jurnal berjudul donasi uang ini tertulis di kamar “redaksional”, berarti sudah lebih dari sebelas hari  program hibah buku BHSB (Blogger Hibah Sejuta Buku) fase ketiga usai. Akan tetapi bukan berarti gerakan BHSB juga telah purna, lantaran kami akan tetap melaksanakan program berkelanjutan ini di masa yang akan datang.

Sebagaimana pada program sebelumnya, dimana usai Gerakan BHSB fase kedua menuju fase ketiga kita memberikan jeda, maka usai Gerakan BHSB fase ketiga menuju keempat ini kita juga tetap memberikan waktu jeda. Waktu jeda itu selain dimanfaatkan oleh sebagian rekan-rekan volunteer guna melaksanakan kegiatan pengangkutan buku ke tempat tujuan, sekaligus digunakan oleh sebagian rekan volunteer lain sebagai persiapan pengumpulan buku demi melanjutkan fase berikutnya.

Dalam jeda waktu yang ada ini pula, kami selaku pihak administrator Gerakan Blogger Hibah Sejuta Buku berkeinginan memberikan laporan kepada semua, baik yang terlibat pun yang tak terlibat. Hal ini kami lakukan selain demi menjaga transparansi juga agar mampu kami jadikan sebagai bahan evaluasi.

***

Selain pengumpulan buku, karena banyaknya rekan yang ingin berpartisipasi sebagai donatur berujud uang, maka sesuai kesepakatan bersama mulai pada program hibah buku fase ketiga ini Gerakan BHSB juga menyediakan nomor rekening Bank. Akan tetapi nomor rekening Bank yang ada bukan atas nama HibahBuku ataupun pihak administrator Gerakan BHSB ini.

Ketersediaan nomor rekening Bank itu sungguh membuat kami sangat bangga, merasa terharu, serta menaruh hormat atas kepercayaan serta keikhlasan rekan-rekan semua, karena kami tetap memandang bahwa hanya dengan keringan-tanganan yang ada seperti itulah program Hibah Buku BHSB bisa berjalan lancar sesuai yang kita harapkan.

Rekening Bank BCA tersedia berkat kerelaan Babeh Helmi Budi Prasetio, begitu pula keberadaan rekening Bank Mandiri juga tak terlepas dari ketulusan Mbak Ira Rahmawati. Dan tidak hanya itu, karena ternyata masih ada lagi satu rekan volunteer di Malaysia yang juga menyediakan nomor rekening CIMB Bank.

Tanggal 14 Maret 2012, seorang teman volunteer  mengabarkan bahwa telah mengirimkan uang sebesar Rp 526.000,- yang ditujukan ke rekening Babeh Helmi. Oleh sang donatur uang tersebut dimaksudkan guna menunjang kelancaran opersional program hibahbuku. Dan oleh karena sang donatur tidak mau disebutkan namanya maka di sini akan kami tulis identitasnya sebagai “Mbak Cantik”

Tak lama berselang, kami kembali memperoleh kabar dari seorang teman volunteer. Memberitahukan bahwa atas nama Mbak Lely Triana juga telah mengirimkan uang pada akun rekening BCA-nya Babeh Helmi sebesar Rp 250.000,-

Berikutnya adalah kiriman uang dari Mas Hakim-acacicu[dot]com, yaitu salah satu volunteer region Jember. Beliau mengirimkan uang sejumlah Rp 770.200,-  ke rekening Babeh Helmi juga.

Yang paling terkini adalah kabar dari Rio Pratomo, yaitu volunteer region Bandung. Rio menginformasikan bahwa ada donatur yang memberikan sumbangan senilai Rp 300.000,- (dikirimkan ke BCA-nya Babeh Helmi). Uang tersebut masing-masing adalah berasal dari Ibu Rahma sebesar Rp 150.000,- dan dari Azima Ardhiana Rp 150.000,-

Dari akun rekening Bank Mandiri-nya Mbak Ira diinformasikan bahwa ada dua orang donatur yang telah berpartisipasi dalam memberikan dukungan terhadap Gerakan BHSB ini. Seseorang beridentitas ‘Bunda cantik” telah mendermakan uang sebesar Rp 500.000,-  serta satu orang lagi yang juga hanya mau disebut sebagai “Mas Ganteng” telah menghibahkan uang senilai Rp 700.000,-

Terakhir adalah informasi dari akun rekening  CIMB Bank di Malaysia. Alhamdulilah, puji Tuhan kita bersyukur bahwa rekan volunteer Malaysia yaitu Suratman Adi bersama teman-teman pekerja Indonesia yang berada di Ipoh, Malaysia, juga telah berhasil mengumpulkan uang secara kolektif lalu  mendonasikannya ke rekening  CIMB sebanyak RM. 370,- Uang tersebut masih terus bertambah lantaran  ada lagi seorang teman mendermakan uang sebesar RM 30,-. Bahkan tidak hanya itu, seseorang yang bernama Kak Maslina juga telah membantu program hibah buku ini yaitu dengan mengirimkan uang sebesar RM 150,- yang ditujukan pada akun rekening Bank-nya Anazkia

Demi memudahkan semuanya, maka akhirnya semua uang yang ada di tiga akun rekening Bak diatas disatukan kedalam satu akun, dimana sepakat semuanya ditransfer ke BCA-nya Babeh Helmi.

Perlu diketahui juga bahwa total jumlah uang Ringggit Malaysia yaitu RM 550,- ketika ditukar dengan mata uang rupiah adalah sebesar Rp 1.601.000,- dimana sampai dengan tulisan ini ditulis uang tersebut masih dalam proses pencairan rupiah.

Untuk lebih jelasnya nilai nominal uang adalah sebagai berikut;

.

DONATUR UANG
NO
NAMA
NOMINAL
 1
 Mbak Cantik
 Rp 526.000,-
 2
 Mbak Lely Triana   
 Rp 250.000,-
 3
 Mas Hakim
 Rp 770.200,-
 4
 Bu Rahma
 Rp 150.000,-
 5
 Bunda Cantik
 Rp 500.000,-
 6
 Azima Ardhiana
 Rp. 150.000,-
 7
 Mas ganteng
 Rp. 700.000
 8
 Volunteer Malaysia
 Rp. 1.601.000
 
 
 T O T A L
 Rp. 4.647.200,-

.

Demikian jurnal ini tertulis. Mohon maaf sampai dengan saat ini kami baru bisa updating sebatas pada jumlah pemasukan. Untuk updating selanjutnya semoga kami bisa memaparkannya segera, baik ditempat ini ataupun di jurnal “redaksional” berikutnya.

Sebagai pihak administrator kami memohon maaf ketika ada banyak kekurangan pun kekilafan sehubungan dengan kegiatan BHSB ini. Kamipun mengucapkan banyak terimakasih atas kerelaaan, keikhlasan, dan kebersamaan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program Hibah Buku “Gerakan Blogger Hibah Sejuta Buku” kali ini. Kami sadar tanpa bantuan Anda-Anda semua program hibah buku ini tak akan berjalan.

Di akhir tulisan, kami tetap menyadari bahwa tak akan ada yang sanggup kami balas atas kebaikan semuanya, hanya saja kami tidak akan merasa kapok, segan serta malu untuk tetap memohon bantuannya pada Gerakan BHSB fase yang akan datang. [admin]

Written by Hibah Buku

@HibahBuku | #HibahBuku adalah gerakan solidaritas pengumpulan buku lalu menyalurkannya kepada sadara-saudari kita di Nusantara

This article has 2 comments

  1. Pingback: Laporan Akhir Blogger Hibah Sejuta Buku Fase Ketiga : Bertuah.Org – Komunitas Blogger Pekanbaru

  2. Pingback: Blogger Hibah Sejuta Buku Fase Keempat [Aceh] | Blogger Hibah Sejuta Buku

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *