Blogger Hibah Sejuta Buku, awalnya dipelopori oleh salah seorang anggota blogger bertuah, Prima Wahyudi atau nama kerennya adalah, Nan Limo Datuk Bertuah. Dari situ, gerakan amal menyumbangkan buku ini mulai bergulir. Berangkat dari falsafah “Pemberian yang paling berharga adalah memberikan benda yang paling disayangi atau dicintai” maka buku buku menjadi pilihan untuk disumbangkan. Selain buku adalah harta berharga buat kita, tapi ketika diberikan kepada yang membutuhkan semoga buku ini lebih bermanfaat. Lengkapnya, baca tulisan Emo di sini. Pengiriman buku ada di sini

Desember 2009, saya sempat ke Pekanbaru menyerahkan sedikit buku bersama dengan beberapa teman blogger lainnya. Dan itulah gambar Emo ketika membawa buku-buku yang kami berikan 

Fase pertama, teman-teman blogger bertuah menghibahkan buku-buku sumbangan tersebut di sebuah pedalaman daerah kepulauan Meranti, Riau. Ratusan buku telah sampai ke pulau tersebut. Dan kini untuk fase kedua saya dengan beberapa teman-teman blogger bertuah berembug untuk kembali mengadakan kegiatan yang bermanfaat ini. Berbeda dengan fase pertama di mana buku-buku dikirimkan ke pedalaman Riau, kini buku-buku akan kami kirimkan ke daerah pedalaman Papua tepatnya, di Fakfak Utara, Papua Barat.

Kenapa, Papua? Karena masih minimnya bahan bacaan untuk anak didik di sana. Bahkan untuk buku pengetahuan umum pun masih sangat sedikit. Lho, di daerah lain juga banyak yang masih kekurangan bahan bacaan, mungkin ada yang berpikir seperti itu. Kalau program ini dapat berjalan dengan baik dan banyak blogger yang mau berpartisipasi sebagai volunteer, Insya Allah semoga akan menyusul daerah-daerah lainnya. Semoga…

Siapa yang ada di Papua? Di Papua, ada salah seorang teman saya yang sedang bertugas sebagai Pengajar Muda program Indonesia Mengajar, namanya Arif. Nanti, dialah yang akan bertanggung jawab menerima dan menyalurkan buku yang kami himpun dan kirimkan.

Dulu, sewaktu Blogger Hibah Sejuta Buku fase pertama buku dikumpulkan sepenuhnya di kosannya Emo. Untuk kali ini berhubung jauhnya tempat yang akan dikirim, Bang Atta menyarankan untuk membuka beberapa posko. Sementara posko yang ada kami menyediakan di beberapa tempat.

Jakarta
Jl. Cendrawasih 5 Blok B 13 Nomor 5
Jurangmangu Timur
Pondok Aren
Bintaro15222

Cilegon-Serang 
Komplek Griya Praja Mandiri
Blok F5 no 5
Cibeber 
 087772573662
Hernureli (wakil dari anazkia.com 😀
Perumahan Bukit Pelamunan Permai
Kompleks Sankyu Blok E5/17
Kramatwatu-Serang Banten
42161
Pekanbaru untuk wilayah Sumatera dan sekitarnya
 Alamat Pekanbaru :
Sekretariat Blogger Bertuah
Jalan Sakinah I no 2A
Tangkerang Utara
Pekanbaru
Sekretariat Bappeda
Kantor Walikota Pekanbaru
Jl. Jend. Sudirman 464
Pekanbaru

 Yogya dan sekitarnya
Asrama HPMB Makassar,
Jalanb Utama, Pugeran RT 10/RW 64
Maguwoharjo-Depok
Sleman 55282.

Malang dan Sekitarnya
Jalan Watu Gilang 3 No. 40
Malang-Jawa Timur
Kode Pos 65165

Bogor dan sekitarnya

PT Yudhistira Ghalia Indonesia
Jaln. Rancamaya KM.1 No 47
Warung Nangka
Ciawi-Bogor
16720
BandungRina Fitriana
Jalan permai 17 No. 2Komplek Margahayu Permai
Terusan-Kopo
Bandung-Jabar

40218

Citra Sudiang Indah Blok X8/14
Makassar-Sulawesi Selatan
90243

Teman-teman bertuah bersiap mengantarkan buku ke pedalam Pulau Meranti, Riau

Untuk wilayah Malaysia, selanjutnya akan saya koordinir dengan beberapa teman-teman blogger yang ada di Malaysia. Setelah itu baru kami akan gabungkan dengan teman-teman blogger di Pekanbaru.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka buat teman-teman blogger yang masih ingin berpartisipasi sebagai volunteer, kami persilakan untuk bergabung. Owh iya, bagaimana cara mengirimkan bukunya? Serta buku-buku apa aja sih yang bisa dikirimkan sebagai “Hibah Blogger Sejuta Buku ini?

Buku-buku yang boleh dikirim dalam hibah buku kali ini adalah buku-buku bacaan untuk anak-anak baik buku pengetahuan, fiksi maupun nonfiksi.  Buat yang di daerah Sumatera bisa bergabung atau memberikan langsung bukunya kepada alamat di Pekanbaru. Buat teman-teman di wilayah pulau Jawa atau tepatnya wilayang Serang, Tangerang, Jakarta dan sekitarnya bisa mengirimkan ke alamat yang di Serang, Malang, Jakarta juga di Sleman-Yogya.

Batas akhir pengumpulan buku adalah sampai 31 desember 2011.

Teman-teman bertuah bersiap mengantarkan buku ke pedalam Pulau Meranti, Riau

.

Written by Hibah Buku

@HibahBuku | #HibahBuku adalah gerakan solidaritas pengumpulan buku lalu menyalurkannya kepada sadara-saudari kita di Nusantara

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *